Gempita Muharram Sebagai Momentum Dalam Membangun Generasi Yang Kreatif, Berprestasi Dan Bertaqwa

Mnh Online – Kalibata,

Muharram (محرّم) adalah bulan pertama tahun penanggalan Islam, Hijriyah. Ditetapkan pertama kali oleh Khalifah Umar ibnu al-Khattab atas saran dari menantu suci Rasulullah SAW, yakni Imam Ali bin Abi Thalib karamallahu wajhahu.

Dalam kalender Hijriah terdapat empat bulan haram, yakni Dzulqaidah, Dzulhijah, Muharram, dan Rajab. Disebut haram karena keempat bulan itu sangat dihormati, dan umat Islam dilarang berperang di dalamnya.

Seyogyanya, umat Islam menghormati dan memaknai Muharram dengan spirit penuh perdamaian dan kerukunan. Sebab, Nabi Muhammad SAW pada khutbah haji wada yang juga dibulan haram, mewanti-wanti umatnya agar tidak saling bermusuhan, bertindak kekerasan, atau berperang satu sama lain.

Terkait perayaan 1 Muharram sebagai Tahun Baru Islam, alangkah indah dan syiarnya jika kita semua merayakannya dengan keceriaan, serta yang terpenting adalah ucapan syukur atas rahmat  dan karunia yang telah  dilimpahkan Allah SWT kepada kita di tahun yang lalu.

Berdasar pemikiran di atas, Maka Kami dari Remaja Islam Masjid Jami’ Nurul Hidayah (RISNU) Kalibata kembali menyelenggarakan kegiatan rutin tahunan yang tertulis dalam program kerja tahunan yaitu “GEMPITA MUHARRAM 1439 H”.

Adapun rangkaian acara-acara didalamnya yaitu

Khitanan Massal, Perlombaan Syiar Islam, Doa Bersama (Doa Akhir dan Awal Tahun Hijriah), acara puncak Pembagian Hadiah dan Karnaval Pawai Obor.

Kegiatan yang sudah berjalan selama dua tahun ini begitu diapresiasi dan sangat bernilai positif dari berbagai kalangan masyarakat umumnya dan lembaga pendidikan khususnnya.

Acara GEMPITA MUHARRAM ini dapat memberikan pendidikan Islam di lingkungan masyarakat khususnya dikalangan anak, remaja dan pemuda sebagai generasi penerus dan turut serta membudayakan Islam di kalangan generasi penerus di Masjid Jami’ Nurul Hidayah.

-bwa-

Komentar

komentar

Please follow and like us:

Leave a Comment