Kaum Muslimin adalah Satu dan Janganlah Terpecah Belah

Ma’asyiral Muslimin Rohimakumulloh

Marilah sama-sama kita tingkatkan kualitas iman dan takwa kita kepada Alloh SWT, iman yang sebenar-benarnya yakni dengan takwa kita selalu menjalankan apa-apa yang menjadi perintah Allah SWT, serta menjauhi apa-apa yang menjadi larangan-Nya.

ust ridwan musyafa khatib jumat 22 april 2016

Ma’asyiral Muslimin Rohimakumulloh

Umat Islam adalah umat yang satu di seluruh dunia ini, walaupun tempatnya ada yang di Barat, di Timur, di Selatan, dan di Utara, dan sekalipun berlain-lainan tanah airnya, warna kulitnya dan bahasanya, semua itu adalah agama kita yakni agama Islam,

Firman Allah SWT dalam Surat Al Anbiya ayat 92

إِنَّ هَٰذِهِ أُمَّتُكُمْ أُمَّةً وَاحِدَةً وَأَنَا رَبُّكُمْ فَاعْبُدُونِ

Sesungguhnya umat kamu ini adalah umat yang satu, dan Aku adalah Tuhan kamu, oleh sebab itu maka hendaklah kamu menyembah Aku. (Q.S. Al-Anbiya [21]: 92)

Sebagai tanda persatuan kita selaku umat Islam, maka Alloh SWT memerintahkan kaum Muslimin di seluruh dunia untuk bersatu dengan berpegang teguh kepada kitab suci Al-Qur’an, kitab suci yang menjadi dasar agama Islam, sebagaimana yang telah dijelaskan Allah SWT

وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلا تَفَرَّقُوا

Dan berpegang teguhlah kamu sekalian kepada tali agama Allah dan jangan terpecah belah. ( Q.S. Al-Imran [3]: 102)

Dengan terpecah-belahnya kaum Muslimin di seluruh dunia ini mengakibatkan runtuhnya umat Islam, sehingga golongan umat Islam selama ini menjadi sedikit dikarenakan saling terpecah belah, saling menghujat, saling menjatuhkan satu dengan yang lain, karena untuk memperoleh kedudukan sendiri, sesudah itu kita bersatu maka dilarang berpecah belah dan berselisih paham.

Perhatikanlah firman Allah SWT,

وَلَا تَنَـٰزَعُواْ فَتَفۡشَلُواْ وَتَذۡهَبَ رِيحُكُمۡ‌ۖ

Dan janganlah kamu berselisihan paham, nanti kamu menjadi lemah dan hilang kekuatan kamu. (Q.S. Al-Anfal [8]: 46)

Tetapi kalau terdapat juga perselisihan, maka diperintahkan segera mengembalikan perkara tersebut kepada Allah SWT dan Rasul-Nya. Perhatikanlah firman Allah SWT

فَإِن تَنَازَعْتُمْ فِي شَىْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللهِ وَالرَّسُولِ

Maka jika kamu berselisihan paham dalam suatu perkara, maka hendaklah kamu kembalikan ia pada Allah SWT dan Rasul-Nya. (Q.S. An-Nisa [4]: 59)

Maksudnya kalau terdapat perselisihan antara sesama muslim, hendaklah dicari keterangan nya dan dipecahkan itu dengan cara musyawarah dengan kepala dingin dan saling membantu, dengan saling asah, asih dan asuh antar satu sama lain.


Ma’asyiral Muslimin Rohimakumulloh

Sesudah kita mendengar beberapa ayat Al’Qur’an yang menerangkan tentang kedudukan kita sesama Muslim, maka sekarang kita dengarkan hadist Nabi kita Muhammad SAW yang menerangkan hak dan kewajiban orang Islam kepada sesamanya.

Dalam sabdanya Muhammad SAW menegaskan,

“Seorang Islam itu adalah orang Islam yang selamat dari gangguan lidah dan tangan-tangannya”

Maksudnya bahwa orang islam itu tidak boleh mengganggu dan menyakiti saudaranya seagama dengan perantara lidan dan tangannya itu, dan perantara-perantara lainnya.

Dan sabda Nabi Muhammad SAW menegaskan,

“Seorang muslim itu cerminan bagi seorang muslim. Lantaran itu apabila melihat cacat dari saudaranya makan hendaklah ia buangkan.”

Dan Nabi kita Muhammad SAW menegaskan kembali,

“Orang Islam itu bersaudara, tidak ada kelebihan seorang atas lainnya kecuali baktinya kepada Allah SWT”

Ma’asyiral Muslimin Rohimakumulloh

Dari semua keterangan itu dapatlah kita mengambil kesimpulan bahwa kita sebagai sesama muslim hendaknya bersaudara, saling membantu, saling asah asih dan asuh. Sesama Muslim jangan saling gasak, gesek dan gosok, dan juga jangan saling menghujat satu sama lain.

Marilah kita dukung satu agama Islam yang diridhoi Allah SWT di muka bumi pertiwi kita ini. Maka oleh dari itu wajiblah kita bersatu dan saling tolong-menolong dalam pemerintahan, mengadakan perbaikan dikalangan sesama muslim dan bekerja bersama-sama menegakkan dan mensyiarkan agama Islam, agama yang satu-satunya diRidhoi Allah SWT.

Dengan demikian mudah-mudahan dengan kita mentaati ajaran Allah SWT dan Rasul-Nya, Allah SWT kuatkan persatuan kita dan kedudukan kita sebagai umat Islam akan selalu jaya di dunia ini dan di bumi pertiwi kita ini.

Aamiin Aamiin Ya Rabbal Al Aamiin

Komentar

komentar

Please follow and like us:

Leave a Comment