KH. Ahmad Zainuddin (Guru Din) – Keperibadian dan Sifat Tawadlu

Berkeperibadian tenang, jujur, tawadlu, wara dan disiplin seta tidak pernah membedakan siapa saja yang menjadi teman bicaranya, begitulah banyak masyarakat selalu membicarakannya. Beliau juga dikenal sebagai figure ulama yang sangat kuat ingatannya. Pernah suatu ketika, ada seorang yang hanya sekali berjumpa dengan beliau, setelah itu tidak pernah bertemu lagi dalam waktu yang sangat lama bahkan mencapai hitungan tahun, suatu saat orang itu kembali menjumpai beliau, betapa terkejutnya, ternyata beliau masih mengingat nama dan keberadaan orang tersebut padahal orang yang berjumpa dengan beliau tidaklah sedikit.

Beliau juga dikenal sebagai seorang ulama yang tidak pernah membeda-bedakan undangan bagi siapapun yang mengundangnya, asalkan tidak ada udzur syar’iy beliau pasti menghadirinya.

Masyarakat dan murid-muridnya hamper tidak pernah mengalami dan melihat beliau menampakkan raut wajah yang tidak menyenangkan atau berkata yang menyakiti.

Sangat sayang kepada yang muda dan hormat kepada yang tua serta penuh perhatian kepada sesame, begitulah sifat yang selalu terlintas dari kepribadian KH. Ahmad Zainuddin.

Pada saat tidak belajar dan mengajar, beliau mengisi waktu senggang dengan bertani, menanam jambu, jeruk, rambutan dan pisang serta tanaman bunga, juga sering mengoredi (merawat) tanah untuk menyuburkan tanaman di lahan kebunnya. Selain itu beliau juga gemar memelihara burung kicauan, perkutut dan ayam sekedar hobby di waktu senggang.

Komentar

komentar

Please follow and like us:

Leave a Comment