Sholat Kusuf di Masjid Nurul Hidayah Kalibata

“Telah terjadi gerhana Matahari pada hari wafatnya Ibrahim putra Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam. Berkatalah manusia: Telah terjadi gerhana Matahari karana wafatnya Ibrahim. Maka bersabdalah Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam “Bahwasanya Matahari dan bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda kebesaran Allah. Allah mempertakutkan hamba-hambaNya dengan keduanya. Matahari gerhana, bukanlah kerana matinya seseorang atau lahirnya. Maka apabila kamu melihat yang demikian, maka hendaklah kamu salat dan berdoa sehingga selesai gerhana.”
—HR. Bukhari & Muslim

Salat dua gerhana atau salat kusufain berarti salat dua gerhana atau salat yang dilakukan saat terjadi gerhana bulan maupun matahari. Salat yang dilakukan saat gerhana bulan disebut dengan salat khusuf; sedangkan saat gerhana matahari disebut dengan salat kusuf.

Hari Rabu, 29 Jumadil Awwal 1437 H / 9 Maret 2016 M, terjadi peristiwa yang sangat penting bagi alam semesta beserta penghuninya, yakni gerhana matahari. Perlu diketahui bahwa sekitar 1428 tahun yang lampau menurut Kalender Hijriyyah atau 1384 tahun yang lalu menurut Kalender Masehi, gerhana matahari terjadi dan disaksikan Rasul saw. beserta masyarakat Madinah. Kemudian Rasulullah saw mengajak masyarakat Madinah untuk mengagungkan nama Allah, dan kemudian beliau memimpin shalat gerhana, sekaligus mencontohkan tatacaranya, yakni dua raka`at dengan empat ruku` dan empat sujud. Usai shalat, Rasulullah saw menyampaikan khutbah. (H.R. al-Bukhârîy dan Muslim).

Masjid Jami’ Nurul Hidayah, salah satu dari sekian banyak Masjid yang mendirikan Sholat Kusuf di wilayah kalibata, di Hari ini Rabu 9 Maret 2016 bertepatan dengan peristiwa alam yaitu terjadinya Gerhana Matahari , hampir kurang lebih 1000 Jamaah yang hadir di Masjid Jami’ Nurul Hidayah. Untuk yang bertindak sebagai Khotib yaitu, Ust. DR. Asmawi, M.Ag, Bilal Ust. As’ad Ahfas, dan Do’a oleh KH. Fathul Bari Zainuddin. Ini kali keduanya Masjid Jami’ Nurul Hidayah Kalibata melaksanakan Sholat Kusufain, yang sebelumnya juga telah diadakan sholat Khusuf (gerhana bulan) pada tanggal 25 september 2016.

 

Komentar

komentar

Please follow and like us:

Leave a Comment